Hartati, Mbak (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA SMK DI PANGKALAN BERANDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106172039 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 8106172039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 8106172039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8106172039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 8106172039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 8106172039 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8106172039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 8106172039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 8106172039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 8106172039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 8106172039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematismelalui pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan penalaran matematissiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi dan penalaran matematis yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah yaitu kelas XI/1 dan XI/2 serta siswa kelas XI SMK Dharma Patra yaitu kelas XI/2 dan kelas XI/4. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional; dan 3) Proses jawaban siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan proses jawaban siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. Disarankan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pembelajaran khususnya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Har p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Penalaran; Kooperatif tipe STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:17 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25741 |