iZahara, Sit (2017) PENERAPAN MO0DEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI N13 BINJAI 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311050 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
2. NIM 4123311050 PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM 4123311050 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
4.NIM 4123311050 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
5. NIM 4123311050 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM 4123311050 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. NIM 4123311050 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 4123311050 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 4123311050 DAFTAR GRAFIK_docx.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
10. NIM 4123311050 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
11.NIM 4123311050 BAB I_doc.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
15. NIM 4123311050 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
16. NIM 4123311050 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS) dikelas VIISMP Negeri 13 Binjai T.A. 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 13 Binjai yang berjumlah 36 orang dan objek
penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa dengan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII
SMP Negeri 13 Binjai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan
wawancara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan,
terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes
kemampuan pemecahan masalah.
Berdasarkan analisis data, di peroleh bahwa langkah-langkah pemecahan
masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada
langkah memahami masalah meningkat dari 80,21 (80,21%) dengan tingkat
kemampuan tinggi menjadi 94,17 (94,17%) dengan tingkat kemampuan sangat tinggi.
Pada langkah merencanakan pemecahan masalah meningkat dari 63,13 (63,13%)
dengan tingkat kemampuan rendah menjadi 81,77 (81,77%) dengan tingkat
kemampuan tinggi. Pada langkah menyelesaikan pemecahan masalah meningkat dari
61,56 (61,56%) dengan tingkat kemampuan rendah menjadi 80,42 (80,42%) dengan
tingkat kemampuan tinggi. Pada langkah memeriksa kembali meningkat dari70,21
(70,21%) dengan tingkat kemampuan sedang menjadi 84,79 (84,79%) dengan tingkat
kemampuan tinggi. Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini
telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat di simpulakan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah pada materi Bangun Datar dikelas VII SMP Negeri 13 Binjai. Saran yang
diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ini dapat
menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa, khususnya materi bangun datar segiempat dan perlu juga di uji
coba untuk materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 107 |
Keywords: | MODEL THINK PAIR SHARE, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25732 |