Novilia, Ridha (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN THINK PAIR SHARE(TPS) PADA MATERI SISTEM IMUNITAS DI KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM 4133341089 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02. NIM 4133341089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
03. NIM 4133341089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
04. NIM 4133341089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
05. NIM 4133341089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
06. NIM 4133341089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
07. NIM 4133341089 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
08. NIM 4133341089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
09. NIM 4133341089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM 4133341089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4133341089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajardanaktivitassiswamenggunakan model pembelajarantipeJigsawdenganThink Pair Share (TPS)padamaterisistem imunitas di kelas XI SMA Negeri 13T.P. 2016/2017.Penelitianinidilakukan di kelas XI IPA5dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang,menggunakan model pembelajarankooperatifJigsawdankelasXI IPA7 dengan jumlah siswa sebanyak30 orang, menggunakan model pembelajaranThink Pair Share (TPS),sehingga total sampel 60siswa. Untukmengujihipotesis yang dirumuskan, digunakanuji t. Dari hasilpenelitiandiperolehbahwanilairata-rata pretest kelas Jigsaw sebesar 55,8(SD= 12,236) dan nilai rata-rata pretest kelas Think Pair Share(TPS) sebesar 55,3 (SD= 5,908). Nilai rata-rata posttestkelasJigsawsebesar80(SD= 6,840) dannilai rata-rata posttestkelasThink Pair Share (TPS)sebesar73,7 (SD= 5,719). Rata-rata skoraktivitassiswakelas Jigsaw pada dua kali pertemuan adalah 70%, sedangkan rata-rata skoraktivitassiswakelasTPSpada dua kali pertemuanadalah 63,33%. Berdasarkan hasil analisisstatistik diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan Think Pair Share (TPS)pada materi sistem imunitas di kelas XI SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/2017 (thit : 4,096, ttabel (58; 0,05) = 1,672). Setelah dilakukan uji lanjut (Tukey), diketahui bahwa hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan Think Pair Share (TPS) berbeda nyata (p= 0,000 < 0,05).Dengandemikianhasilbelajardanaktivitassiswadenganmenggunakan model pembelajarantipeJigsawlebihbaikdaripada model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Share (TPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 141 |
Keywords: | hasil belajar; aktivitas siswa; jigsaw; tps |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:58 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25713 |