Purba, Musrin (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM IRAMA (AKTIFITAS RITMIK) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KLS VII SMP NEGERI 30 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103111068 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 6103111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM. 6103111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 6103111068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM. 6103111068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
6. NIM. 6103111068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 6103111068 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM. 6103111068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
12. NIM. 6103111068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM. 6103111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Senam Irama yang didapat siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017 melalui pendekatan saintifik.
Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 37 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan pendekatan saintifik,maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan II yang berbentuk melakukan gerakan senam irama.
Berdasarkan hasil tes awal senam irama melalui pendekatan saintifik yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Selayang. Dari 37 siswa terdapat 12 siswa (32,43%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (59,90). Hasil dari siklus I terdapat 24 siswa (64,86%) dari 37 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (71,25). Di siklus II terdapat 31 siswa (83,78%) dari 37 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (83). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa Melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar senam irama pada siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Selayang Tahun Ajaran 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 101 |
Keywords: | aktifitas ritmik,Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV840 Winter sports: Ice hockey, skiing, bobsledding, snowmobiling, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:31 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25676 |