Siagian, Teddy Alfra (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171086 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8146171086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 8146171086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 8146171086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 8146171086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 8146171086 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8146171086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 8146171086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
12. NIM. 8146171086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM. 8146171086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 3) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 5) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa SMA dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas X PIA 6 dan kelas X PIA 1 untuk melihat kepraktisan dan efektivitasnya. Dari hasil eksperimen I dan eksperimen II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,60; Buku Guru= 4,70; Buku siswa = 4,60; LAS = 4,60. Uji validitas tes kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis juga valid dengan reliabilitas tes kemampuan pemecahan masalah = 0,807 (tinggi) dan disposisi matematis = 0,83 (tinggi); 2) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/paktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah memenuhi 80%; b) aktivitas siswa memenuhi kategori aktif karena masih dalam batas toleransi waktu ideal yang ditetapkan 5%; dan c) lebih 80% siswa memberikan respon positif terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran; 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan sebesar 32,38%; 5) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan sebesar 8,46. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran sehingga siswa lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sia p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 09:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25639 |