PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HADRIANUS SINAGA PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR (STUDI KASUS DESA SALAON TOBA KECAMATAN RONGGURNIHUTA KABUPATEN SAMOSIR)

Delpina Asmarika, Simbolon (2017) PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HADRIANUS SINAGA PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR (STUDI KASUS DESA SALAON TOBA KECAMATAN RONGGURNIHUTA KABUPATEN SAMOSIR). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 3133311056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3133311056 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3133311056 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3133311056 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3133311056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3133311056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM 3133311056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3133311056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3133311056 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3133311056 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  3133311056 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3133311056 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3133311056 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3133311056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3133311056 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3133311056 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3133311056 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3133311056 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3133311056 BILBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3133311056 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana persepsi
masyarakat di Desa Salaon Toba Kecamatan Ronggurnihuta dalam
pelayanan Rumah Sakit Hadrianus Sinaga Pangururan Kabupaten
Samosir dalam menangani pasien yang menggunakan kartu BPJS
Kesehatan baik dari segi perlengkapan, pemberian obat-obatan,
pelayanan administrasi, dan kualitas pelayanan lainnya. Adapun
populasi penelitian ini adalah masyarakat desa Salaon Toba yang
memiliki kartu BPJS Kesehatan yaitu sebanyak 154 orang, sedangkan
sampel penelitiannya adalah 4 orang, karena dari 154 orang yang
memiliki hanya 4 orang yang sudah pernah menggunakan kartu BPJS
Kesehatan tersebut. Adapun tekhnik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam
dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan adalah analisis
kualitatif yang merupakan suatu analisa yang diuraikan dengan katakata
sehingga menghasilkan suatu analisis yang bersifat deskriptif
analisis yang melukiskan keadaan tertentu mengenai persepsi
mayarakat pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
Kesehatan dalam pelayanan RSUD Hadrianus Sinaga Kabupaten
Samosir. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat
pengguna BPJS Kesehatan memberikan tanggapan baik terhadap
pelayanan yang di berikan pihak RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan
Kabupaten Samosir mulai dari ketepatan waktu pelayanan, akurasi
pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam pelayanan, kemudahan
dalam mendapatkan pelayanan dan kenyamanan dalam pelayanan.
Persepsi yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari pengalaman
yang dirasakan pengguna BPJS Kesehatan yang melakukan
pengobatan ke rumah sakit tersebut, mereka memberikan pendapat
yang positif terhadapa kinerja dari rumah sakit. Hal ini dapat dilihat
dari kelengkapan tenaga medis, fasilitas kerja serta kejelasan obat di
RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKN 059
Keywords: Persepsi, Masyarakat, BPJS Kesehatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 10:16
Last Modified: 11 Aug 2017 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item
View Item