Rizka, Aulia (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PEMEBLAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131111040 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. 4131111040 Abstrak_docx.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. 4131111040 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. 4131111040 Daftar Isi_docx.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. 4131111040 Daftar Tabel_doc.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2. 4131111040 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
7. 4131111040 Daftar Gambar_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 4131111040 Daftar Lampiran_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. 4131111040 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. 4131111040 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. 4131111040 Daftar Pustaka_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan komunikasi
matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS berbeda dengan
pembelajaran kooperatif tipe TSTS di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A
2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 27
Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 362 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil
2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-7 sebagai kelas
eksperimen 1 yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen
2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk
uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi
matematis siswa. Instrumen tes tersebut telah divalidasi oleh tiga orang validator
kompeten yaitu dua validator merupakan dosen pendidikan matematika dan satu
validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil
penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas eksperimen 2 dengan
model pembelajaran kooperatif tipe TSTS diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 1 sebesar 72,5000 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar
63,9060. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 78 dan = 0,05, diperoleh thitung =
1,7489 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung tidak berada dalam interval –
ttabel<thitung<ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa
kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) berbeda dengan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two
Stray (TSTS) di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 110 |
Keywords: | KOMUNIKASI MATEMATIS; TPS;JIGSAW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:16 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25583 |