Ridho Uji Dwi, Angga (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311045 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
3. NIM 4123311045 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM 4123311045 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4123311045 PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. NIM 4123311045 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM 4123311045 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4123311045 DAFTAR TABEL_doc.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4123311045 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 4123311045 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14. NIM 4123311045 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. NIM 4123311045 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
15. NIM 4123311045 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran
pendekatan open-ended terhadap kemampuian komunikasi matematika siswa kelas VIII
SMP NEGERI 1 STABAT. Adapun populasi dalam penelitian ini kelas VIII yang terdiri
dari 10 kelas berjumlah 320 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-A dan Kelas VIII-B yang berjumlah 80 orang siswa.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling acak sederhana (sampel
random sampling) dengan melakukan undian. Kelas pertama disebut sebagai kelas
eksperimen 1 secara kelompok dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimn 2 secara
individu yang masing-masing terdiri dari 40 orang siswa. Pada kelas eksperimen 1
diajarkan dengan pendekatan open-ended secara kelompok sedangkan kelas eksperimen 2
diajarkan dengan pendekatan open-ended.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Sebelum tes diujikan kepada
siswa terlebih dahulu dilakukan perhitunagan validitas dan realibilitas tes. Uji validitas
juga dilakukan oleh dua orang Dosen dan seorang guru matematika. Dari hasil
perhitungan diperoleh bahwa semua tes adalah valid dan dari hasil perhitungan
realibilitas diperoleh rhitung = 0,407 dan rtabel = 0,312 ternyata rhitung > rtabel maka dapat
disimpulkan bahwa keseluruhan tes adalah realiabel. Dari lembar uji validasi tes oleh
Dosen dan guru matematika juga menyatakan bahwa semua tes adalah valid.
Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil uji-t antara nilai
rata-rata pre-test dan post-test diperoleh harga thitung = 3,664 pada taraf signifikansi α =
0,05 dan dk = 78 sehingga thitung > ttabel . Dengan demikian secara signifikan pembelajaran
dengan pendenatan open ended secara kelompok lebih baik daripada pembelajaran
dengan pendekatan open ended secara individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 111 |
Keywords: | Open-Ended; Komunikasi Matematis; Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:12 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25576 |