Sinaga, Afriance (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MODEL JIGSAW MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 447331001 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4147331001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM. 4147331001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4147331001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4147331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM. 4147331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. NIM. 4147331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 4147331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4147331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
10. NIM. 4147331001 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM. 4147331001 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM. 4147331001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran Jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Raya, yakni 7 kelas. Sampel diambil dengan dua tahap. Tahap pertama sampel kelas diambil sebanyak 2 kelas dengan cara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposive sebanyak 25 siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Kelas eksperimen satu dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization menggunakan media Hand Out dan kelas eksperimen dua dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw menggunakan media Hand Out. Data yang diolah adalah data peningkatan hasil belajar siswa atau data gain yang diambil dari instrument tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal yang telah diuji validasi, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, daya beda tes dan distruktor. Data dianalisis dengan uji t-dua pihak setelah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil uji t-dua pihak pada α = 0,025 dan db = 48 diperoleh thitung = -6,701 dan daerah kritis terletak antara thitung < -2,0126 dan thitung > 2,0126 yang artinya thitung berada di daerah kritis maka tolak Ho dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa siswa yang dibelajarakan dengan model pembelajaran Jigsaw menggunakan media Hand Out memperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarakan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 030 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Model Pembelajaran; Peningkatan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:52 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25529 |