Zega, Rosdian Marlina (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS XI SMA NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141105 COVER.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2. NIM 7131141105 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. NIM 7131141105 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. NIM 7131141105 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM 7131141105 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM 7131141105 TABLES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7. NIM 7131141105 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 7131141105 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
12. NIM 7131141105 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM 7131141105 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya prestasi belajar ekonomi” kelas XI IPS SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 79 siswa dan sampel berjumlah 79 siswa yang diambil dengan total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 22 diperoleh persamaan regresi Y= 50,435 + 0,171 X1+ 0,295 X2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 3,356 > 1,665 pada taraf signifikan 95% dan α 0,001 < 0,05. Dukungan sosial keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 3,828 > 1,665 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa efikasi diri dan dukungan sosial keluarga berpengaruh secara simultan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai f_hitung > f_tabel yakni 14,285 > 3,12 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,273. Artinya, prestasi belajar ekonomi dapat dijelaskan oleh efikasi diri dan dukungan sosial keluarga sebesar 27,3% dan sisanya sebesar 72,7% dipengaruhi oleh faktor – faktor di luar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dan dukungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 024 |
Keywords: | Efikasi Diri; Dukungan Sosial Keluarga; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:51 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25522 |