Anggi, Tamalia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131001 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4132131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 4132131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 4132131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM. 4132131001 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 4132131001 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 4132131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM. 4132131001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 4132131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM. 4132131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4132131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan
aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning
dan Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Koloid. Penelitian dilakukan
terhadap siswa kelas XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2016/2017. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NEGERI XI SMA
NEGERI TA. 2016/2017 Semester Genap Kurikulum 2013. Sampel ditetapkan
dengan random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas
eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil
belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel
(0,862). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil
belajar siswa, siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning
dengan rata-rata hasil belajar 87,19 lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan rata-rata hasil belajar
81,09. (2) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa, siswa yang dibelajarkan
dengan model Project Based Learning dengan rata-rata nilai aktivitas siswa 78,25
lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing yaitu dengan rata-rata nilai aktivitas siswa 73,50. (3) Terdapat
korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan korelasi
tinggi yaitu rhitung=0,63.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 093 |
Keywords: | Project Based Learning; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa, Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:16 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25483 |