Dana, Iswara (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN DAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331063 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM 4133331063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 4133331063 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM 4133331063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM 4133331063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM 4133331063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 4133331063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4133331063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 4133331063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10. NIM 4133331063 BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM 4133331063 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
15. NIM 4133331063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan menggunakan media Kartu Berpasangan dibandingkan dengan menggunakan media Peta Pikiran pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas dimana kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran STAD dengan menggunakan media Kartu Berpasangan dan kelas IPA-2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan media Peta Pikiran. Masing-masing kelas sampel berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal (yang telah divalidkan) dengan pilihan jawaban 5 option. Pada kedua kelas dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t (uji dua pihak). Dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan standart deviasi (SD). Berdasarkan hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 30,39 dan postest adalah 81,32. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen 2 adalah 36,71 dan postest adalah 71,05. Data yang diperoleh dengan analisis uji t dua pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel α (5,1720 >1,9954), berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran STAD dengan menggunakan media kartu berpasangan dibandingkan dengan menggunakan media peta pikiran pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Kata Kunci
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 169 |
Keywords: | Model Pembelajaran STAD; Kartu Berpasangan; Peta Pikirah; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:02 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25470 |