Hadijah, Siti (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172073 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 8156172073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM 8156172073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 8156172073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM 8156172073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM 8156172073 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8156172073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
8. NIM 8156172073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12. NIM 8156172073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM 8156172073 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa guru cenderung belum menggunakan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif, sumber belajar hanya berasal dari buku teks, dan banyaknya Media Pembelajaran yang praktis dan siap pakai, tetapi tidak sesuai dengan karakteristik siswa sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi Media Pembelajaran, lembar validasi tes kemampuan pemahaman konsep, tes kemampuan pemahaman konsep angket kepraktisan Media Pembelajaran, angket Self Confidance dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi, bahasa, dan media pembelajaran menyatakan bahwa Media Pembelajaran yang dikembangkan layak dengan kategori sangat valid; dan (2) berdasarkan uji coba I dan II, Media Pembelajaran dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 87,88 %, dari 33 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Besarnya persentase peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah 34,62% berada pada kategori sedang. Self confidance siswa mengalami peningkatan setelah diajar menggunakan media pembelajaran yakni sebesar 86,25 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Had p |
Keywords: | Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Model pengembangan borg and gall; Kemampuan pemahaman konsep; Self confidance |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 03:57 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25362 |