Yusliani, Avina Ulfa (2017) PENGARUH INTANGIBLE ASSETS, RESEARCH AND DEVELOPMENT INTENSITY, DAN ADVERTISING INTENSITY TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 7131220003 Cover.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02 NIM. 7131220003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 NIM. 7131220003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
04 NIM. 7131220003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
05 NIM. 7131220003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
06 NIM. 7131220003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
07 NIM. 7131220003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
08 NIM. 7131220003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
09 NIM. 7131220003 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13 NIM. 7131220003 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14 NIM. 7131220003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intangible assets,
research and development intensity dan advertising intensity terhadap Nilai Pasar
Perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI selama periode 2012-2015.
Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana
ditetapkan diperoleh 19 perusahaan dari 135 perusahaan. Data pada penelitian ini
dikumpulkan dengan mengunduh data dari IDX. Pengujian hipotesis pada
penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t,uji
F dan uji koefisien determinasi yang dibantu dengan program SPSS 19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intangible assets berpengaruh positif
terhadap nilai pasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti
bahwa semakin meningkat nilai intangible assets maka nilai pasar perusahaan
juga semakin meningkat. Begitu pula dengan research and development intensity
yang memiliki pengaruh positif terhadap nilai pasar perusahaan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,004<0,05, yang artinya bahwa semakin meningkat nilai
research and development intensity maka nilai pasar perusahaan juga akan
semakin meningkat. Sedangkan Advertising intensity tidak berpengaruh terhadap
nilai pasar perusahaan dengan nilai signifikansi 0,243>0,05, yang artinya bahwa
semakin meningkat nilai advertising intensity tidak menyebabkan semakin
meningkatnya nilai pasar perusahaan, begitu pula dengan adanya penurunan
advertising intensity juga tidak akan mengakibatkan penurunan terhadap nilai
pasar perusahaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan nilai intangible assets,
dan research and development intensity mengakibatkan peningkatan terhadap
nilai pasar perusahaan, akan tetapi peningkatan terhadap peningkatan nilai
advertising intensity tidak menyebabkan adanya peningkatan terhadap nilai pasar
perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 104 |
Keywords: | intangible assets;research and development intensity;advertising intensity;nilai pasar perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD72 Economic growth, development, planning H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000 Special industries and trades > HD9720 Manufacturing industries |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:41 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25348 |