Gibran, M. Khalil (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123331023 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM 5123331023 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM 5123331023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
04. NIM 5123331023 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
05. NIM 5123331023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
06. NIM 5123331023 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
07. NIM 5123331023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08. NIM 5123331023 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
09. NIM 5123331023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 5123331023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 5123331023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas
siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash
CS6 dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional
(gambar) pada mata pelajaran memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
Semester Genap di SMK Swasta Imelda Medan pada T.A. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Imelda Medan Semester Genap
Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2
kelas, yaitu kelas XI TITL 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI TITL 2
sebagai kelas Kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa.
Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil
belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil
pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di
kelas eksperimen (47,92) dengan standar deviasi 9,37 dan skor rata-rata di kelas
control (49,86) dengan standar deviasi 10,97. Pada pengujian data pretest kedua
kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang
berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu
kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media
pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dan kelas control diajar dengan
pembelajaran menggunakan media konvensional (gambar). Setelah pembelajaran
selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas
eksperimen (90,14) dengan standar deviasi 4,34 dan kelas control (81,39) dengan
standar deviasi 4,71.
Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 6,70 dan ttabel = 1,67.
Sehingga thitung > ttabel (6,70 > 1,67). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima sehingga
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash
CS6 memberikan peningkatan hasil belajar pada pelajaran Memperbaiki Peralatan
Rumah Tangga Listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan
media pembelajaran konvensional (gambar) pada siswa kelas XI SMK Swasta
Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 039 |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash CS6, Media Pembelajaran Konvensional (gambar), Hasil Belajar. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:40 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25341 |