Lubis, M. Faisal Ridho (2017) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL ANTARA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141059 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM. 7133141059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM. 7133141059 ABSRRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 7133141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
6. NIM. 7133141059 TABLES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM. 7133141059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 7133141059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 7133141059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 7133141059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 7133141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa dan motivasi belajar sebagai variabel antara pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jln Bakaran Batu No. 18 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 82 orang. Dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengelolaan kelas dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 46 soal. Validitas angket diuji dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dengan hasil dari 46 instrumen, 3 diantaranya tidak valid. Reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Croncbach dengan hasil untuk reliabilitas pengelolaan kelas adalah sebesar rhitung = 0,753 > rtabel = 0,306, dan untuk reliabilitas motivasi belajar adalah sebesar rhitung = 0,749 > rtabel = 0,306.
Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu: (a) Y2 = 46,136 + 0,350X1, (b) Y = 34,422 + 0,501 X1, (c) Y = 72,996 + -0,055 X2. Dari hasil uji T dengan taraf signifikaan 95 % dan alpha 5% pada variabel pengelolaan kelas diperoleh thitung = 2,274 > ttabel = 1,664. Hasil ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Dari hasil uji T pada variabel motivasi belajar diperoleh thitung = 2,495 > ttabel = 1,664. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Hasil perhitungan pengaruh tidak langsung X1 terhaap Y melalui X2. Sehingga dari hasil perhitungan di peroleh bahwa koefisien dari X1 – X2 – Y < X1 – Y (- 0,010 < 0,229 ) menunjukkan bahwa pengelolaan kelas melalui motivasi belajar tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap prestasi Belajar Kewirausahaan siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 050 |
Keywords: | PENGELOLAAN KELAS, MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25316 |