PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN KARTU BERPASANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL

Arafah, Riza Nurul (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN KARTU BERPASANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131131040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131131040 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131131040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131131040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131131040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131131040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131131040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131131040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131131040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131131040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131131040 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131131040 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131131040 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131131040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131131040 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131131040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131131040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131131040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4131131040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4131131040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131131040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131131040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dua media yaitu
media Handout dan kartu berpasangan melalui model Problem Based Learning
terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1
Pegajahan pada materi konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pegajahan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel
penelitian secara random sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1
yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan Handout
dan kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning
menggunakan kartu berpasangan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes
objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat
kesukaran, dan daya beda. Kemudian untuk aktivitas menggunakan lembar
observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t dua
pihak dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha
diterima yaitu: 1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media
handout dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media
kartu berpasangan. 2) ada perbedaan aktivitas siswa yang dibelajarkan
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media
handout dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media
kartu berpasangan. 3) ada korelasi positif dan signifikan antara hasil belajar
dengan aktivitas belajar siswa dengan kategori korelasi rendah pada kelas
eksperimen 1 yakni sebesar 0,397. 4) ada korelasi positif dan signifikan antara
hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa dengan kategori korelasi rendah pada
kelas eksperimen 2 yakni sebesar 0,355.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 101
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Media Handout; Kartu Berpasangan; Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:33
Last Modified: 09 Aug 2017 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item
View Item