Fikriansyah, Muhammad (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PLAYER PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131036 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM 4133131036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM 4133131036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 4133131036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM 4133131036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
6. NIM 4133131036 TABLES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM 4133131036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM 4133131036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
13. NIM 4133131036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM 4133131036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 4133131036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based
Learning dengan Macromedia Flash Player pada pokok bahasan Larutan
Penyangga di kelas XI SMA semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara purposif sampling. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata pretest (49± 7,21) dan nilai postest (94 ± 3,66).
Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest (52 ± 6,74) dan nilai postest
(90 ± 4,55). Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, data kedua kelas
berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t satu pihak pada taraf signifikan
95 % diperoleh thitung > ttabel baik pada uji hipotesis kemampuan berpikir kritis
(1,89 > 1,682) maupun hasil belajar siswa (3,74 > 1,682) sehingga Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan
model pembelajaran berbasis masalah dengan macromedia flash player pada
pokok bahasan larutan penyangga di MAN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 109 |
Keywords: | Problem Based Learning; Macromedia Flash Player; Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25294 |