Sipahutar, Eben Ezer (2017) INOVASI DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.PDF - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (146kB) | Preview
BAB I.PDF - Published Version
Download (341kB) | Preview
BAB V.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (189kB) | Preview
DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (101kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (213kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar modul ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar modul berbasis kontekstual yang sesuai dengan kriteria penilaian BSNP dan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar modul tersebut pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Perbaungan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Perbaungan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling, dan diambil kelas XI IA-2 sebagai kelas eksperimen dan XI IA-3 sebagai kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan Development (R&D). Pengambilan data untuk penilaian bahan ajar modul diperoleh dengan kriteria BSNP. Sedangkan, data untuk hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis kontekstual diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrument tes objektif sebayak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh : Kelayakan Isi =3,49 ; kelayakan bahasa= 3,58 ; kelayakan penyajian = 3,61; kelayakan kegrafikaan = 3,63 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi.Data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uj t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (⍺) (12,990 > 1,672). Berdasarkan analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu : peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan bahan ajar berbasis kontekstual yang dikembangkan lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan bahan bahan ajar berbasis kontekstual yang dikembangkan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 111 |
Keywords: | bahan ajar modul , hasil belajar , kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25289 |