Lubis, Masdalifa (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132131015 COVER.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
3. NIM 4132131015 ABSTRACT.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4132131015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM 4132131015 PREFACE.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM 4132131015 TABLE OF CONTENT.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 4132131015 TABLE.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM 4132131015 APPENDICES.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM 4132131015 CHAPTER I.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM 4132131015 CHAPTER V.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
14. NIM 4132131015 BIBLIOGRAPHY.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar kimia siswa yang signifikan melalui penerapan strategi pembelajaran
contextual teaching and learning dengan media animasi komputer dibandingkan
dengan yang diajarkan secara konvensional pada materi Sitem Koloid. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang
berjumlah 6 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara
purpossif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen
yang diajarkan dengan strategi pembelajaran contextual teaching and learning
dengan media animasi komputer dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang
diajarkan dengan model direct instruction. Kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa
dan kelas kontrol terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan
jumlah soal sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest
dan gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan
homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh t
hitung = 7,6027 sehingga harga thitung > ttabel (7,6027 > 1,674) berarti Ha diterima dan
tolak Ho yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan melalui
penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning dengan media
animasi komputer dibandingkan dengan yang diajarkan secara konvensional
pada materi sistem koloid di kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yaitu 77,80%
>55,67% pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 127 |
Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Media Animasi Komputer, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 14:27 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25254 |