Hajariani, Ade (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK 1 SWASTA DAERAH SEI BEJANGKAR T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131142001 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 7131142001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
3. NIM 7131142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM 7131142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM 7131142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 7131142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 7131142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 7131142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 7131142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM 7131142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 7131142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak di SMK 1 Swasta Daerah Sei Bejangkar T.P 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran learning start with a question dengan pendekatan kontekstual.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK 1 Swasta Daerah Sei Bejangkar T.P 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran learning start with a question dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif.
Dari hasil pemberian angket minat diperoleh hasil minat siswa pada siklus I terdapat siswa yang memiliki minat belajar tinggi sebanyak 4 siswa (12,50%), minat yang sedang sebanyak 27 siswa (85,38%) dan minat rendah sebanyak 1 siswa (3,12% ) dan tidak ada (0%) untuk tidak berminat dan mengalami peningkatan disiklus II yaitu sebanyak 25 siswa (78%) yang memiliki minat tinggi, dan minat sedang sebanyak 7 siswa (22%) serta 0 siswa atau (0%) untuk siswa yang memiliki minat rendah dan tidak berminat. Dari hasil analisis data diperoleh data test hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre test 71,25 dengan siswa yang tuntas 13 siswa ( 41%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 76,87 dengan siswa yang tuntas 20 siswa (63%) dan meningkat dihasil post test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 83,75 dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (84%).
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning start wih a question dengan pendekatan kontekstual dapat Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Di Kelas X AK SMK 1 Swasta Daerah Sei Bejangkar T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 125 |
Keywords: | Minat; Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Learning Start With A Question; Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 14:25 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25251 |