PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2016/2017

Sitepu, Ayu Sri Menda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.PDF]
Preview
Text
COVER.PDF - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.PDF]
Preview
Text
ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.PDF]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.PDF]
Preview
Text
DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.PDF]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.PDF]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.PDF]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.PDF]
Preview
Text
BAB I.PDF - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.PDF]
Preview
Text
BAB V.PDF - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.PDF]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test-Post-test Design Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol, sebelum pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretes kepada kedua kelas, kemudian dilaksanakan pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung di kelas kontrol, dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postes. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes essai, sebanyak 8 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 40,80 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,5. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,21, ttabel = 1,998, maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama, selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol, setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 72.5 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62.5. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,45, ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada meteri pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 16 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 183
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2017 10:13
Last Modified: 04 Aug 2017 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item
View Item