Nasution, Nirmala Sari (2008) PENGARUH PEMBERIAN ADVANCE ORGANIZER DAN KEMAMPUAN MENGINGAT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.
1. 045020277 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2. 045020277 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. 045020277 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
4. 045020277 - Bab I.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
5. 045020277 - Bab V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. 045020277 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pemberian Advance Organizer bentuk skema lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pemberian Advance Organizer bentuk narasi mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang memiliki kemampuan mengingat tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yang memiliki kemampuan mengingat rendah serta mengetahui apakah ada interaksi antara pemberian Advance Organizer dengan kemampuan mengingat dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siwaPopulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Labuhan Deli sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas secara cluster random sampling. Penelitian dilakukan pada semester 1 Tahun Ajaran 2007/2008. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisa data menggunakan Anava dua jalur. Kemampuan mengingat siswa diukur dengan tes Wechsler adult intelegence scale. Sedang tes hasil belajar biologi menggunakan tes objek-tif pilihan berganda dengan 4 option dan memiliki reliabilitas 0845 dengan menggunakan rumus Spearman Brown.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pemberian Advance Organizer bentuk skema lebih tinggi dibanding dengan basil belajar biologi siswa yang diajar dengan pemberian Advance Organizer bentuk narasi. Hal ini ditunjukkan oleh F hitting = 612 > Ftabei = 406 pada taraf siginifikansi a 005. Siswa dengan kemampuan mengingat tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki kemampuan mengingat rendah.. Hal ini ditunjukkan oleh F hitting = 410 >F label = 406 pada taraf signifikansi a 005. Dan terdapat interaksi antara pembelajaran Advance Organizer dengan kemampuan mengingat terhadap hasil belajar biologi siswa yang ditunjukkan oleh F him = 5506 > Fth = 406 dengan Uji lanjut dengan menggunakan uji Tuckey membuktikan bahwa siswa yang diajar dengan pemberian Advance Organizer bentuk skema memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pemberian Advance Organizer bentuk narasi. Adapun siswa yang memiliki kemampuan mengingat rendah akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi jika diajar dengan Advance Organizer bentuk narasi dibandingkan jika diajar dengan Advance Organizer bentuk skema.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.152 Nas p |
Keywords: | Advance Organizer; Hasil Belajar; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2524 |