Ginting, Arjuna Tuahta (2017) PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI INSTRUKTUR TERHADAP PARTISIPASI PESERTA PADA PELATIHAN TEKNISI KOMPUTER DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CAHAYA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131171001_COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 1131171001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
3. NIM. 1131171001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. NIM. 1131171001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
5. NIM. 1131171001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1131171001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 1131171001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1131171001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 1131171001_BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 1131171001_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 1131171001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Banyak instruktur yang tidak memperhatikan cara berkomunikasinya dikarenakan instruktur yang belum mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik hal itu berdampak pada menurunnya partisipasi peserta pelatihan. Sangat disayangkan instruktur yang memang sudah sangat mahir dibidang komputer belum mampu menyalurkan ilmunya kepada peserta karena cara berkomunikasi yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Berkomunikasi Instruktur Terhadap Partisipasi Peserta Pada Pelatihan Teknisi Komputer di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Binjai.
Santrock (2007) menyatakan bahwa “keterampilan komunikasi adalah keterampilan yang diperlukan guru dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi nonverbal dari murid dan mampu memecahkan konflik secara konstruktif.”.Menurut KBBI (2008) “partisipasi berarti berperan serta dalam suatu kegiatan, keikutsertaan ataupun peran serta”. Partisipasi merupakan suatu sikap yang digambarkan dengan kemampuan, kemauan dan sikap member dan menerima dengan tulus dan sepenuh hati yang berasal dari dalam diri, baik materi maupun bentuk lainnya yang digunakan untuk mendukung pencapain tujuan tertentu yang merupakan kepentingan bersama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang peserta pelatihan di PKBM Cahaya Binjai.Alat yang digunakan pada teknik pengumpulan data adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi linier adalah Ŷ = 45,654 + 0,316X. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilait_(hitung )>t_tabelyaitu 5,096 > 1,697.Artinya terdapat pengaruh keterampilan berkomunikasi instruktur terhadap partisipasi peserta peserta pada pelatihan teknisi komputer di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Binjai. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan berkomunikasi instruktur maka semakin baik pula partisipasi peserta peserta pada pelatihan teknisi komputer. Keterampilan Berkomunikasi instruktur sangat mempengaruhi partisipasi peserta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 058 |
Keywords: | Keterampilan berkomunikasi; Instruktur; Konsep partisipasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 10:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25239 |