Mawarni (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERPASANGAN DAN MEDIA LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331071 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
3. NIM. 4133331071 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2. NIM. 4133331071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM. 4133331071 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM. 4133331071 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 4133331071 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 4133331071 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 4133331071 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
9. NIM. 4133331071 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM. 4133331071 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 4133331071 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa
yang diajarkan dengan model Problem based learning menggunakan media kartu
berpasangan dan media LKS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang
terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling Random
(Acak) dengan mengambil 2 dari 7 kelas yaitu X MIA-5 sebagai kelas
eksperimen 1 dan kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel yang
digunakan dalam kelas eksperimen 1 yaitu sebanyak 25 siswa dan dalam kelas
eksperimen 2 sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil
belajar siswa digunakan instrumen tes objektif yaitu tes dalam bentuk pilihan
berganda sebanyak 20 soal yang sudah valid. Proses pembelajaran pada kelas
eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model Problem based learning
menggunakan Media Kartu Berpasangan dan kelas eksperimen 2 diberikan
perlakuan dengan model Problem based learning menggunakan media LKS. Dari
hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa di kelas
eksperimen 1 yaitu 81,8. Sementara rata-rata hasil belajar kimia siswa di kelas
eksperimen 2 yaitu 76,4. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 2,313 dan ttabel = 2,0294,
sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa
yang diajarkan dengan model Problem based learning menggunakan media kartu
berpasangan dan media LKS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 131 |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING;MEDIA KARTU BERPASANGAN;MEDIA LKS;HASIL BELAJAR;KONSEP MOL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25208 |