Handayani, Rizki P (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN TITRASI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331070 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. NIM. 4133331070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
2. NIM. 4133331070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM. 4133331070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 4133331070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4133331070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 4133331070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 4133331070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM. 4133331070 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 4133331070 BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 4133331070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia
siswa dengan menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep
(M3PK) Simson Tarigan pada pokok bahasan titrasi asam basa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA MIA SMA Negeri 1 Pantai Cermin
yang berjumlah tiga kelas dengan total jumlah siswa 117 orang. Sampel yang
digunakan pada peneltian ini diambil dengan teknik random sampling, dimana
hanya dua kelas yang diambil sebagai sampel yakitu satu kelas eskperimen dan
san satu kelas kontrol.Masing – masing kelas terdiri atas 38 orang siswa. Siswa
pada kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Model Mengajar
Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK), sedangkan siswa pada kelas kontrol
diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ranah kognitif. Untuk mengukur ranah
kognitif digunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk
objective test dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan
dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi, daya beda, tingkat kesukaran, dan
reabilitas.Sebagai prasyarat uji hipotesis , data hasil belajar kimia siswa untuk
kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan . Untuk uji hipotesis hasil
belajar siswa diperoleh thitung = 4,434, sedangkan ttabel = 1,672 untuk α = 0,05 dan
db = 58. Dengan demikian thitung (4,434)> ttabel (1,672 )maka uji hipotesis hasil
belajar kimia (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Selain itu rata-rata gain yang
diperoleh siswa dikels eksperimen 0,7266 dan kelas kontrol 0,6242 sedangkan
persentase peningkatan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen sebesar
72,66% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,42%. Sehingga ditarik
kesimpulan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan
Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada
hasil belajar kimia siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Model Mengajar
Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 133 |
Keywords: | M3PK, DIRECT INSTRUCTION, HASIL BELAJAR, TITRASI ASAM BASA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:08 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25201 |