Sari, Dwy Puspita (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN REAKSI KELAS X MAN BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331009 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. NIM. 4133331009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. NIM. 4133331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM. 4133331009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 4133331009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4133331009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 4133331009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 4133331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 4133331009 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM. 4133331009 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 4133331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia
siswa dengan menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep
(M3PK) Simson Tarigan pada pokok bahasan Persaamaan Reaksi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang menggunakan kurikulum
2013. Siswa kelas X MIA di MAN Binjai berjumlah 4 kelas. Setiap kelasnya ratarata
berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas
yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3 yang diambil secara random sampling. Kelas
pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan
Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK), dan kelas kedua
dijadikan sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan Model
Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Sebagai prasayarat uji hipotesis, data
hasil belajar kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan
diperoleh data kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk
uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test dan diperoleh
hasil pengujian hipotesis dengan menggunakantaraf signifikansi 5% (α=0,05).
Pada pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel (4,619 > 1,670). Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)
ditolak, yang artinya peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih
tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan
Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Persentase peningkatan hasil
belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Mengajar
Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) adalah sebesar 74,5% sedangkan yang
diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct
Instruction) adalah sebesar 64,8%. Sehingga model M3PK dapat meningkatkan
hasil belajar kimia siswa pada materi Persamaan Reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 134 |
Keywords: | M3PK, HASIL BELAJAR, PERSAMAAN REAKSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:07 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25200 |