Angraini, Rina (2017) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERINTEGRASI MEDIA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331056 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4133331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM. 4133331056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 4133331056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4133331056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 4133331056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 4133331056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 4133331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM. 4133331056 BAB 1.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
13. NIM. 4133331056 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM. 4133331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
Abstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement
division (STAD) terintegrasi media bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar dan aktivitas siswa, serta hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar.
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MAN 1 Medan. Populasi yakni
seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan
dengan random sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas
eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang
valid sebanyak 24 soal dan reliabel (0.948). Sedangkan, data untuk aktivitas
pengajuan pertanyaan, memberikan jawaban, menyampaikan pendapat,
mendengarkan dan kerjasama siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang
telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada
model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD)
terintegrasi media Powerpoint, Macromedia Flash, dan Audio-visual (video) data
yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 43,636 dengan Ftabel =1,113. Untuk
media yang lebih baik adalah kooperatif tipe student team achievement division
(STAD) terintegrasi media Audio-visual (video) dibandingkan kedua media
lainnya yakni Audio-visual (video) > Macromedia Flash > Powerpoint dengan
rata-rata nilai yang diperoleh : 89,77 > 79,33 > 71,80. Implemetasi model
pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD)
terintegrasi media Powerpoint, Macromedia Flash, dan Audio-visual (video)
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi koloid, maka didapat
hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar yakni model kooperatif tipe student
team achievement division (STAD) terintegrasi Powerpoint = 13,18%,
Macromedia Flash = 13,72%, dan Audio-visual (video) = 16,94%, sisanya
dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil
belajar kimia menggunakan model kooperatif tipe student team achievement
division (STAD) terintegrasi media serta adanya hubungan antara aktivitas dengan
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 137 |
Keywords: | Powerpoint; Macromedia Flash; Audio Visual (Video); Kooperatif; Student Teams Achievement Division (STAD);Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:04 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25195 |