IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERINTEGRASI MEDIA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Angraini, Rina (2017) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERINTEGRASI MEDIA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133331056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133331056 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133331056 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133331056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133331056 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133331056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133331056 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133331056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133331056 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133331056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133331056 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133331056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133331056 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133331056 BAB 1.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133331056 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133331056 BAB V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement
division (STAD) terintegrasi media bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar dan aktivitas siswa, serta hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar.
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MAN 1 Medan. Populasi yakni
seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan
dengan random sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas
eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang
valid sebanyak 24 soal dan reliabel (0.948). Sedangkan, data untuk aktivitas
pengajuan pertanyaan, memberikan jawaban, menyampaikan pendapat,
mendengarkan dan kerjasama siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang
telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada
model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD)
terintegrasi media Powerpoint, Macromedia Flash, dan Audio-visual (video) data
yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 43,636 dengan Ftabel =1,113. Untuk
media yang lebih baik adalah kooperatif tipe student team achievement division
(STAD) terintegrasi media Audio-visual (video) dibandingkan kedua media
lainnya yakni Audio-visual (video) > Macromedia Flash > Powerpoint dengan
rata-rata nilai yang diperoleh : 89,77 > 79,33 > 71,80. Implemetasi model
pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD)
terintegrasi media Powerpoint, Macromedia Flash, dan Audio-visual (video)
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi koloid, maka didapat
hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar yakni model kooperatif tipe student
team achievement division (STAD) terintegrasi Powerpoint = 13,18%,
Macromedia Flash = 13,72%, dan Audio-visual (video) = 16,94%, sisanya
dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil
belajar kimia menggunakan model kooperatif tipe student team achievement
division (STAD) terintegrasi media serta adanya hubungan antara aktivitas dengan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 137
Keywords: Powerpoint; Macromedia Flash; Audio Visual (Video); Kooperatif; Student Teams Achievement Division (STAD);Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:04
Last Modified: 03 Aug 2017 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item
View Item