Sitorus, Ulfha Maisyarah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131050 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4131131050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. NIM. 4131131050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 4131131050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 4131131050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 4131131050 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 4131131050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 4131131050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 4131131050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. NIM. 4131131050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 4131131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
kemampuan berpikir kritis siswa antara model pembelajaran Problem Based
Learning menggunakan media Virtual Lab dengan model pembelajaran Direct
Instruction. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Negeri 10 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan diambil secara
purposif sampling sebanyak dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen I
yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL menggunakan media
Virtual Lab dan yang satu sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran DI menggunakan media Virtual Lab. Masingmasing
kelas terdiri dari 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes yang dipersiapkan
berupa soal pilihan berganda sebanyak 40 soal, selanjutnya instrumen tes di uji
cobakan. Instrumen tes yang dinyatakan valid dan memenuhi syarat sebanyak 20
soal dengan reliabilitas 0,8445. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa
yang telah divalidkan digunakan Instrumen non tes berupa lembar observasi
kemampuan berpikir kritis siswa yang telah divalidkan. Berdasarkan analisa data,
diperoleh nilai pretest, posttest, dan gain kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak
kanan. Untuk uji hipotesis I diperoleh thitung > ttabel, yakni 7,5 > 1,6671 maka Ha
diterima. Peningkatan hasil belajar (gain) dari kelas eksperimen I sebesar 80 %,
dan kelas eksperimen II sebesar 71%. Pada uji hipotesisi II diperoleh thitung > ttabel,
yakni 3,538 > 1,6671 maka Ha diterima. Untuk peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa dari kelas eksperimen I 76% dan pada kelas eksperimen II 49 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 139 |
Keywords: | Problem Based Learning, Direct Instruction, Virtual Lab, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:59 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25188 |