Sirumapea, Jefry Agustinus Marulitua (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA/I SMPNEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111040 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 6131111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM. 6131111040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 6131111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
5. NIM. 6131111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 6131111040 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 6131111040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 6131111040 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6131111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
13. NIM. 6131111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 6131111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar Lempar
lembing melalui pendekatan bermain pada siswa/i kelas VII SMP Negeri 27
Medan tahun ajaran 2016/2017
Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran
2016/2016, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang berjumlah
38 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui
hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang
berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pendekatan bermain. Setelah
menerapkan pendekatan bermain maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan
siklus II yang berbentuk teknik Lempar Lembing
Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VII-8 SMP
Negeri 27 Medan. Dari 38 siswa terdapat 14 siswa (35%) yang telah mencapai
tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa60. Hasil dari
siklus I terdapat 38 siswa terdapat 20 siswa (52%) yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,31 Disiklus II
terdapat 33 siswa (86,84%) dari 38 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar dengan nilai rata-rata 80,92. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui
pendekatan bermain dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar Lempar lembing pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun
Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 093 |
Keywords: | hasil belajar lempar lembing; pendekatan bermain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:48 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25171 |