Simbolon, Gunawan T p (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SUSPENSI PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK KARYA SERDANG 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5113122015 COVER.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
02. 5113122015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
03. 5113122015 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
04. 5113122015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
05. 5113122015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
06. 5113122015 TABLES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
07. 5113122015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
08. 5113122015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
09. 5113122015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. 5113122015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. 5113122015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Suspensi siswa kelas XI TKR SMK Swasta Karya Serdang Lubuk Pakam dengan model pembelajaran kooperatif tipe Script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Karya Serdang 1 Lubuk Pakam dengan jumlah 28 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata diklat Sistem Suspensi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa secara individual dan tabel observasi aktifitas siswa dan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan/tindakan, tahap pengamatan/observasi, dan tahap refleksi. Untuk mendapatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan 2 tahapan tes, yaitu tes kemampuan awal (pre test), tes kemampuan akhir (post test). Hasil penelitian pada siklus I 71,43% siswa yang mendapat nilai tuntas dan pada siklus II total siswa yang memenuhi kreteria ketuntasan meningkat menjadi 85,71%. Pada observasi siklus I tingkat aktifitas guru 72,90% dan siswa 72,32% dan dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II tingkat aktifitas guru 89,58% (sangat aktif) dan siswa 83,03% (aktif). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem suspensi kelas XI TKR SMK Karya Serdang 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 027 |
Keywords: | hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif tipe script |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:25 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25143 |