Tampubolon, Naomi Juliana (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141081 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 7131141081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 7131141081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
4. NIM 7131141081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 7131141081 TABLE AND CONTENT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6. NIM 7131141081 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 7131141081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 7131141081 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 7131141081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM 7131141081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
14. NIM 7131141081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 , Medan T.A 2016/2017, dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Slovin dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu anggota populasi sebanyak 53 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa dinyatakan 20 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas keterampilan mengajar guru adalah sebesar 0,742 > 0,2706 ( rhitung > rtabel ) dan motivasi belajar siswa adalah sebesar 0,741 > 0,2706( rhitung > rtabel ).
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 6,077+ 0,406X1 + 0,555X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel (7,927 > 1,675). Dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel (9,783 > 1,675). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Darussalam Medan T.A. 2016/2017 dengan nilai Fhitung > Ftabel (809,830 > 3,18). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 103 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:24 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25136 |