Zebua, Sarila (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146192019 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 8146192019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 8146192019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8146192019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8146192019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 8146192019 TABLE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 8146192019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8146192019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8146192019 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 8146192019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 8146192019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa; dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 100 orang. Sampel penelitiannya diambil dengan teknik sampel secara acak sederhana (simple random sampling), yaitu dua kelas yang berjumlah 67 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes menulis paragraf deskriptif dan angket motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini bersifat quasi experimental method dengan teknik analisis hipotesis ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa (Fh = 33,307 > Ft = 4,00; p = 0,00 < 0,05); (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa (Fh = 27.269 > Ft = 4,00; p = 0,00 < 0,05); dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa (Fh = 2,789 < Ft = 4,00; p = 0,10 > 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.7 Zeb p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Motivasi belajar; Kemampuan menulis paragraf deskriptif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25077 |