Juwita, Hera (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS METODE KUMON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171036 COVER.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
2. NIM. 8146171036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
3. NIM. 8146171036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 8146171036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 8146171036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8146171036 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 8146171036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8146171036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
12. NIM. 8146171036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 8146171036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis metode Kumon; 2) peningkatan kemampuan penalaran logis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, baik dari segi isi maupun konstruk; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) peningkatan kemampuan penalaran logis siswa dari uji coba I 79,22 meningkat menjadi 87,71 pada uji coba II; dan (5) peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I sebesar 71,43 menjadi 74,12 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Juw p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Metode kumon; Kemampuan penalaran logis; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 11:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25049 |