Utari, Yulie Ayu (2017) THE LINGUISTIC CHARACTERISTICS OF ARGUMENTATIVE PARAGRAPHS WRITTEN BY MALE AND FEMALE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126112043 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 8126112043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM. 8126112043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8126112043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 8126112043 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 8126112043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 8126112043 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8126112043 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8126112043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 8126112043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM. 8126112043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Kajian ini berkaitan dengan karakteristik bahasa pada paragraf argumentasi ditulis oleh siswa laki-laki dan perempuan di Sekolah Menengah Umum. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui apa karakteristik bahasa pada siswa Sekolah Menengah Umum laki-laki dan perempuan dalam menulis paragraf argumentasi dan alasan yang menyebabkan perbedaan karakteristik bahasa tersebut. Kajian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Data didapatkan melalui observasi dengan meminta siswa laki-laki dan perempuan untuk menulis paragraf argumentasi dengan diberikan bebrapa topik. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Methodist Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Subjek dari kajian ini adalah empat puluh siswa laki-laki dan perempuan yang duduk dikelas duabelas. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya karakteristik bahasa yang tetap pada siswa SMA laki-laki dan perempuan dalam menulis paragraf argumentasi, yaitu siswa laki-laki menggolongkan bahasa mereka untuk menyatakan kekuasaan dan ketidakkuasaan, ditemukan juga bahwa siswa laki-laki dan perempuan menggunakan bahasa sesuai karakteristiknya berdasarkan topik yang diberikan, beberapa siswa laki-laki dan perempuan menggunakan bahasa sesuai karakteristiknya ketika topik menulis topik-topik umum sementara mereka tidak menggunakan bahasa sesuai karakteristiknya ketika menulis topik yang tidak umum/sensitif, dan alasan siswa laki-laki menggunakan bahasa dengan karakteristik bahasa laki-laki atau seperti karakteristik bahasa perempuan. Hal yang sama juga terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan oleh (1) Suku dan (2) Kepribadian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Uta l |
Keywords: | Structure of Arguments; Argumentative paragraphs; Writing argumentative paragraphs; Characteristic of gender language |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 11:27 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25047 |