Hasibuan, Syarifah Hanum (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMKN BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA T.A 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172045 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 8156172045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM 8156172045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 8156172045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM 8156172045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 8156172045 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 8156172045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8156172045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
12. NIM 8156172045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13.NIM 8156172045 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan berpikir kritis metematis siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan KAM terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian ini adalah. Kelas XI RPL (25 siswa) diajarkan dengan PBM dan kelas XI TKJ (25 siswa) diajarkan dengan konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan representasi matematis siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan representasi mamtematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Has p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Kemampuan representasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 09:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25034 |