EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL

Syafura, Dinda Toral (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156176005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156176005 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156176005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156176005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156176005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156176005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156176005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156176005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 81561756005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 81561756005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156176005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156176005 TABLES.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156176005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156176005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156176005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156176005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156176005 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156176005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156176005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156176005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156176005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156176005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata peningkatan (gain) pengetahuan konseptual dan prosedural dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry berbantu media visual dan pemebelajaran konvensional, mengetahui apakah peningkatan (gain) pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Terpadu Al Bukhari Muslim semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil secara random class, yaitu 2 kelas berjumlah 68 orang. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Scientific Inquiry berbantu media visual, kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes essay. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata peningkatan pengetahuan konseptual siswa menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry berbantu media visual dan pembelajaran konvensional berada dikategori sedang, sedangkan rata-rata pengetahuan prosedural siswa menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry berbantu media visual berada dikategori tinggi dan menggunakan pembelajaran konvensional berada dikategori sedang, rata-rata peningkatan pengetahuan konseptual siswa lebih baik dibandingkan pengetahuan konseptual siswa menggunakan pembelajaran konvensional sedangkan rata-rata peningkatan pengetahuan prosedural siswa menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry berbantu media visual lebih baik dibandingkan pengetahuan prosedural siswa menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sya e
Keywords: Model Scientific Inquiry; Media Visual; Pengetahuan Konseptual; Pengetahuan Prosedural
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:34
Last Modified: 26 Jul 2017 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25011

Actions (login required)

View Item
View Item