Siburian, Bakti Utama (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146175003 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8146175003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM 8146175003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 8146175003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 8146175003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 8146175003 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 8146175003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8146175003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 8146175003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM 8146175003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM 8146175003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran IT menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis diatas rata-rata akan lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis siswa di bawah rata-rata, kemudian ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran IT menggunakan mind mapping dan model pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir logis siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Teladan Medan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu kelas IX-B sebagai kelas kontrol dan kelas IX-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan untuk keterampilan proses sains dan pilihan berganda untuk mengukur kemampuan berpikir logis siswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatlah hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA 2 jalur yaitu keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran IT menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis diatas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir logis siswa di bawah rata-rata, kemudian ada interaksi antara model pembelajaran IT menggunakan mind mapping dan model pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir logis siswa terhadap keterampilan proses sains siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sib p |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training(IT) menggunakan mind mapping; Kemampuan Berpikir Logis; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:32 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25002 |