Miranda, Ayu (2017) IMPLEMENTASI INQUIRY TRAINING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331064 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 4133331064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM 4133331064 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4133331064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 4133331064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 4133331064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 4133331064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4133331064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4133331064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4133331064 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
14. NIM 4133331064 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
15. NIM 4133331064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diberikan model pembelajaran Inquiry Training berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan larutan penyangga. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik penentuan sampel (sampling purposif) yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 24 soal yang sudah diuji validitas butir item, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 38 dan postest adalah 86. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 32 dan postest adalah 61. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (14,73>1,672), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran inquiry training berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 096 |
Keywords: | Inquiry training; Pedagogical content knowledge (PCK); Hasil belajar; Larutan penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24997 |