Febersinta (2017) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENINGKATAHN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4131131021 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2 NIM 4131131021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3 NIM 4131131021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4131131021 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5 NIM 4131131021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6 NIM 4131131021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 NIM 4131131021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4131131021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9 NIM 4131131021 BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13 NIM 4131131021 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14 NIM 4131131021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbasis lesson study menggunakan media LKPD lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan aspek kognitif manakah yang paling terkembangkan di kelas eksperimen pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan pretest-posttest group design. Yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di wilayah Deli Serdang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbasis lesson study menggunakan media LKPD, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik adalah tes objektif berupa pilihan ganda. Dari 40 soal yang divalidasi diperoleh 25 butir soal yang valid, dan digunakan 20 soal dengan reliabilitas 0,737. Berdasarkan uji prasyarat diketahui bahwa data pretest, posttest dan gain ternormalisasi (N-gain) berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yaitu 12,1425 > 1,6723 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbasis lesson study menggunakan media LKPD lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Aspek kognitif yang paling terkembangkan di kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing menggunakan media LKPD adalah aspek kognitif C2 (pemahaman) sebesar 85,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 028 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Lesson study; LKPD; Hidrolisis garam; Peningkatan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 15:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24867 |