Tanjung, Sri Rayani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOP-COOP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMAS TUNAS PELITA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172065 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8146172065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 8146172065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 8146172065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM. 8146172065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 8146172065 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 8146172065 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8146172065 CHAPER I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
12. NIM. 8146172065 CHAPER V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. NIM. 8146172065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung; (2) menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung; (3) menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa; (4) menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 (dua) kelas yaitu kelas kontrol (Metode Pembelajaran Langsung) dan kelas eksperimen (Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop) yaitu kelas X1-1 dan X1-3 SMAS Tunas Pelita Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi exsperiment), adapun desain penelitian adalah Post Test Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar pada pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop lebih baik daripada yang diajar pada pembelajaran langsung; (2) kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar pada pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop lebih baik daripada yang diajar pada pembelajaran langsung; (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa (rendah, sedang dan tinggi) dengan pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa (rendah, sedang dan tinggi) dengan pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik peserta didik sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Tan p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik; Kemampuan Komunikasi Matematik; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 14:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24815 |