Sidabutar, Josua Leonardo (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2123111038 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2 NIM 2123111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3 NIM 2123111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4 NIM 2123111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5 NIM 2123111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6 NIM 2123111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7 NIM 2123111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8 NIM 2123111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
12 NIM 2123111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13 NIM 2123111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam menulis teks anekdot. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 299 siswa Kelas X SMA Dharmawangsa Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 66, standar deviasi = 7,89, Sedangkan nilai rata-rata post test = 75,7, standar deviasi 8,52. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t_0 sebesar 7,07 selanjutnya t_0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk= (n-1) maka t_tabel = 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan t_0 dengan t_tabel maka t_o>t_(tabel ) yakni (4.51 > 2.04)maka hipotesis nihil (H_0) ditolak dan hipotesis alterrnatif (H_a) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) efektif diterapkan dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.