Siahaan, Reinold (2015) HUBUNGAN MANAJEMEN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DI SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103341032 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5103341032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 5103341032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4. NIM. 5103341032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 5103341032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 5103341032 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 5103341032 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 5103341032 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM. 5103341032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
13. NIM. 5103341032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 5103341032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan: 1) Tingkat
kecenderungan manajemen diri siswa 2) Tingkat Kecenderungan minat belajar
siswa 3) Tingkat kecenderungan hasil belajar prakarya 4) Hubungan manajemen
diri dan minat belajar terhadap hasil belajar prakarya. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 medan. Teknik pengambilan
sampel adalah dengan menggunakan cluster random sampling yaitu
pengambilannya dilakukan dengan undian pada masing-masing kelas populasi,
sehingga sampel penelitian sebanyak 52 orang. Untuk variabel manajemen diri
(X1) dan minat belajar (X2) datanya dijaring dengan menggunakan angket,
sedangkan variabel hasil belajar prakarya (Y) dijaring dengan menggunakan
lembar pengamatan. Analisis data menggunakan deskriptif, uji kecendrungan
persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan
korelasi product moment.
Dari hasil penelitian manajemen diri siswa cenderung cukup yaitu 38%,
begitu juga dengan minat belajar cenderung cukup yaitu 38%, dan hasil belajar
prakarya cenderung kurang yaitu 43%. Dengan titik r pada taraf signifikan α =
0,05 dengan jumlah responden 52 orang diperoleh r tabel 0,279 dengan demikian
harga rhitung>rtabel (0,313>0,279) sehingga koefesien korelasi antara X1 dengan Y
adalah signifikan dan harga titik r pada taraf signifikan α = 0,05 dengan jumlah
responden 52 orang diperoleh rtabel 0,279 dengan demikian harga rhitung>rtabel
(930,55>0,279) sehingga koefesien korelasi antara X2 dengan Y adalah signifikan.
Berdasarkan analisa data, dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ganda Ȳ =
6137,78 + 2,118X1 + 1,933X2 pada taraf signifikan 5% adalah berarti, dengan dk
pembilang = 2 dan dk penyebut = n-k-1 = 52-2-1 = 49, pada α = 0,05 diperoleh
ftabel 3,18, terlihat bahwa Fhitung>Ftabel (3,94 > 3,18) sehingga dapat disimpulkan
bahwa koefesien korelasi ganda tarf signifikan 5%, berarti.
Dan hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif antara
manajmen diri dan minat belajar dengan hasil belajar prakarya pada siswa SMP
Negeri 17 Medan sebagai berikut: Hasil pengujian hipotesis dengan nilai
yaitu 7,664 > 0,279 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian
dapat disimpulkan hipotesis tersebut diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKK 018 |
Keywords: | Menajemen, Prakarya, Tempat Pinsil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures > TS155 Production management. Operations management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 04:16 |
Last Modified: | 09 Jun 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24699 |