Ritonga, Ahmat Riduan (2015) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI ELEKTRONIKA WORKBENCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK SWASTA BANDUNG BANDAR SETIA PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5101131001 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5101131001 Lembar pengasahan.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5101131001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5101131001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5101131001 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5101131001 Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5101131001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5101131001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5101131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
5101131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5101131001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
dasar-dasar elektronika dengan penerapan aplikasi elektronika workbench lebih
tinggi daripada pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X bidang keahlian
teknik audio video(elcom) SMK Swasta Bandung DESA BANDAR SETIA.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian teknik audio
video SMK Swasta Bandung DESA BANDAR SETIA tahun ajaran 2014/2015.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan teknik audio video
SMK Swasta Bandung DESA BANDAR SETIA yang terdiri dari 2 kelas yang
berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara total
sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas dimana pembelajaran dasar
elektronika dengan penerapan aplikasi elektronika workbench dalam model
pembelajaran berbasis komputer pada kelas X TAV 1 sedangkan pembelajaran
ekspositori pada kelas X TAV 2, yang tiap kelas terdiri dari 36 siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif.
Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)
sebesar 0,05. Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,0821 dan Ltabel =
0,1477 maka diperoleh Lhitung(0,0821) < Ltabel(0,1477) pada kategori normal,
dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,0991 dan Ltabel = 0,1477 maka diperoleh
Lhitung(0,0991) < Ltabel(0,1477) pada kategori normal. Untuk menguji
homogenitas antara kelas eksperiment dan kelas kontrol digunakan uji barlett pada
taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh X2hitung = 0,736 dan X2tabel = 3,84, maka
X2hitung(0,736) < X2tabel ( 3,84) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah
homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf keprcayaan α =0,05 untuk
menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 7,47 dan ttabel = 1,6689
sehingga thitung > ttabel. berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil
belajar dasar-dasar elektronika digital dengan menerapkan aplikasi elektronik
workbench dalam model pembelajaran berbasis komputer lebih tinggi daripada
pembelajaran ekspositori di kelas X SMK Swasta Bandung DESA BANDAR
SETIA yaitu 40% > 15,31%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELEK 030 |
Keywords: | Elektronika, Media Pembelajaran, Gerbang Logika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 04:11 |
Last Modified: | 09 Jun 2017 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24698 |