Gita, Nindy (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 101778 MEDAN ESTATE KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1113111052 C0VER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. 1113111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. 1113111052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. 1113111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. 1113111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 1113111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7. 1113111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. 1113111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. 1113111052 BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. 1113111052 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. 1113111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 101778 Medan Estate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen pada materi sifat – sifat cahaya di kelas V SD Negeri 101778 Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.
Hipotesis pada penelitian ini adalah “Dengan menggunakan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Pelajara IPA Di Kelas V SD Negeri 101778 Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101778 Medan Estate, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen pada pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru dan tes pilihan berganda dengan 20 soal pilihan berganda untuk melihat hasil belajar siswa.
Hasil penelitian dari jumlah 25 siswa, hasil pre tes yang tuntas hasil belajarnya 6 orang siswa dengan persentase 24% dan Rata – rata kelas 54,4. Dari perolehan di atas perlu ditindak lanjuti pada siklus I. Dari hasil hasl siklus I yang tuntas hasil belajarnya meningkat menjadi 15 orang siswa dengan persentase 60% dengan nilai rata – rata kelas menjadi 68. Pada siklus II yang tuntas hasil belajarnya terdapat 23 orang siswa dengan persentase 92% dengan nilai rata – rata kelas menjadi 78.
Dari analisis hasil di atas dapat simpulkan bahwa hasil penelitian mulai pre tes, pos tes siklus I, pos tes siklus II adanya peningkatan. Dengan demikian penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi sifat – sifat cahaya di SD Negeri 101778 Medan Estate T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 025 |
Keywords: | Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 06:52 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24657 |