Sinurat, Henok Arif (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN MODEL SIRKUIT PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP SWASTA HKBP SIDORAME JLN. DOROWATI MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103111034 COVER.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2. NIM. 6103111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM. 6103111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 6103111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 6103111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 6103111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 6103111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 6103111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
12. NIM. 6103111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 6103111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar passing atas bola voli siswa dengan menggunakan variasi pembelajaran model sirkuit yang didapat siswa kelas VIII-2 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi Penelitian ini adalah SMP Swasta HKBP Sidorame Jln. Dorowati Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP dengan jumlah 24 orang dimana perempuan 8 orang dan laki-laki 16 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing atas bola voli. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test. Namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri pemberian post-test siklus II dengan instrument penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing atas bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan dari 24 siswa terdapat 5 orang siswa ( 28,8%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 45,45. Hasil dari siklus I Terdapat 11 siswa ( 45,8 %) dari 24 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 64,9. Di siklus II terdapat 22 siswa ( 91,67% ) dari 24 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata –rata 82,25. Jadi, kenaikan nilai rata-rata klasikal siklus I dan siklus II adalah 17,35. Berdasarkan dari hasil tersebut bahwa dapat disimpulkan melalui variasi pembelajaran model sirkuit dapat meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa SMP SWASTA HKBP SIDORAME Jln. Dorowati MEDAN.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJS 020 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Bola voli; Belajar; Passing Variasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 03:54 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24637 |