manullang, Lincewati (2017) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
03. ABSTRAK LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
05. DAFTAR ISI LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
06. DAFTAR GAMBAR LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
07. DAFTAR GRAFIK LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR TABEL LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. BAB I LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
14. BAB V LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA LINCEWATI MANULLANG (NIM. 1133311004).pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan
menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indnesia materi pokok cerpen dengan model
Quantum Teaching di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A
2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V-b
SD Negeri 101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 33 orang siswa yang terdiri
dari 14 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini
adalah penerapan model Quantum Teaching. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan pemberian tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk essay yang
dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada pre test, post test Siklus I dan Siklus II.
Hasil penelitian dengan menggunakan model Quantum Teaching pada
pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa yang berjumlah 33
orang siswa. Dari hasil pre test yang diberikan kepada 33 orang siswa. Diperoleh
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 7 orang siswa yang mendapat nilai mampu
dengan persentase (21,21%) dan 26 orang siswa yang mendapat nilai tidak
mampu denagn persentase (78,78%) dengan niali rata-rata 48,3. Setelah
dilaksanakan Siklus I siswa diberi post test Siklus I. Dari hasil post test Siklus I
yang diberikan kepada 33 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal
sebanyak 17 orang siswa yang mendapat nilai mampu dengan persentase
(51,51%) dan 16 orang siswa yang mendapat nilai tidak mampu dengan
persentase (48,48%) dengan nilai rata-rata 65,45. Di akhir siklus II siswa diberi
post test siklus II. Dari hasil post test Siklus II yang diberikan kepada 33 orang
siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 30 orang siswa yang
mendapat nilai mampu dengan persentase (90%) dan sebanyak 3 orang siswa
yang mendapat nilai tidak mampu dengan persentase (9,1%) yang mencapai
tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (79).
Berdasarkan kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang
diperoleh peneliti dapat disimpilkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa
pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok cerpen di kelas V-b SD Negeri
101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017. Dengan demikian disarankan kepada
guru serta kepala sekolah agar menggunakan model pembelajaran Quantum
Teaching untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa
Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 162 |
Keywords: | Menilis< Cerpen, Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2017 02:55 |
Last Modified: | 19 May 2017 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24593 |