Lubis, Rostina (2008) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN PEMANFAATAN INTERNET DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL MAHASISWA JURUSAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 045020258 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. 045020258 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. 045020258 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
4. 045020258 - Bab I.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
5. 045020258 - Bab V.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
6. 045020258 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis artikel, mengetahui hubungan pemanfaatan Internet dengan kemampuan menulis artikel, dan mengetahui hubungan kebiasaan membaca dan pemanfaatan internet dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UNIMED.Hipotesis yang diajukan adalah: (1) Terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Indonesia UNIMED. (2) Terdapat hubungan yang signifikan pemanfaatan internet dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UNIMED. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan membaca dan pemanfaatan internet secara bersama-sama dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UNIMED.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV jurusan bahasa Indonesia yang berjumlah 148 orang dan yang menjadi sampel 45 orang diambil menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan tes kemampuan menulis artikel. Tes kemampuan menulis artikel digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan menulis artikel, dan kuesioner untuk mendapatkan data tentang kebiasaan membaca dan pemanfaatan internet. Sebelum kuesioner digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian.Temuan Penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis artikel melalui koefisien korelasi sebesar 0,532; (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan pemanfaatn internet dengan kemampuan menulis artikel melalui koefisien korelasi sebesar 0,507; (3) terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kebiasaan membaca dan pemanfaatan Internet dengan kemampuan menulis artikel, melalui koefisien korelasi ganda Ry 12 = 0,563. Koefisien determinasi menunjukan hasil 0,317, hal ini berarti 31,7% variasi yang mempengaruhi kemampuan menulis artikel dapat dijelaskan oleh kebiasaan membaca dan pemanfaatan Internet secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.125 Lub h |
Keywords: | Internet, Menulis Artikel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2459 |