Wulandari, Eka (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 020617 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1131111010 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02. NIM 1131111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
03. NIM 1131111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
04. NIM 1131111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
05. NIM 1131111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
06. NIM 1131111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
07. NIM 1131111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. NIM 1131111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
09. NIM 1131111010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM 1131111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
14. NIM 1131111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
15. NIM 1131111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Hubungan Keterampilan Berkomunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan Berkomunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Keterampilan Berkomunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif ex post facto. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 45 siswa ditentukaan dengan teknik total sampling. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,362 dengan rtabel = 0,301 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0, 362 > 0, 301 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, keterampilan berkomunikasi guru memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan bertkomunikasi guru terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus uji t. dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,3711 dengan ttabel = 2,016 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,3711 > 2,016 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berkomunikasi guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan” dapat diterima. Dimana, semakin tinggi keterampilan berkomunikasi guru maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 146 |
Keywords: | Hasil belajar; Komunikasi; Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 08:35 |
Last Modified: | 09 May 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24551 |