Harahap, Aprizal (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA DAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172007 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146172007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 8146172007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 8146172007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8146172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8146172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8146172007 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 8146172007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
12. NIM. 8146172007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM. 8146172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara yang diberi pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual, (2) perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa antara yang diberi pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual, (3) Aktivitas belajar siswa selama pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual, (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaiakan masalah pada pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Timur sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (Tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan representasi matematis dan angket disposisi matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual, (2) Perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan representasi matematis yang diberi pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pendekatan kontekstual. (4) Aktivitas siswa terhadap pendekatan realistik berbantuan geogebra dan pendekatan kontekstual dalam kategori aktif dengan persentase lebih dari 80%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Har p |
Keywords: | Pendekatan realistik berbantuan geogebra; Pendekatan kontekstual; Kemampuan representasi; Disposisi matematis siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 May 2017 03:44 |
Last Modified: | 05 May 2017 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24511 |